Manfaat Teh Hijau Untuk Menurunkan Kolesterol

By | November 9, 2017

Inilah satu lagi Manfaat Teh Hijau Untuk Menurunkan Kolesterol. Keampuhan Teh Hijau memang tidak diragukan lagi. Kini para ahli peneliti terus menggali kekayaan yang terkandung dalam teh hijau untuk tubuh kita. Temuan terbaru mengungkapkan Teh Hijau bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL).

Teh hijau (Teh Peluntur Lemak) sangat populer dikalangan dunia karena manfaatnya, diantaranya :

Oleh karena itu bisa menjelaskan mengapa kebiasaan minum Teh Hijau berkaitan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Peneliti dari China, Xin-Xin Zheng dan timnya dari Peking Union Medical College, Beijing, China melakukan kajian dan polling terhadap 14 hasil studi mengenai teh hijau.

Dalam setiap penelitian para peneliti secara acak membagi partisipan ke dalam dua kelompok, yakni kelompok yang minum teh hijau atau ekstraknya selama 3 minggu sampai 3 bulan, serta kelompok yang mendapat preparat inaktif.

Secara umum, mereka yang berasal dari kelompok teh hijau memiliki kolesterol total 7,2 mg/dL lebih rendah dibanding kelompok pembanding. Selain itu kadar LDL atau kolesterol jahat 2,2 mg/dL lebih rendah atau memiliki penurunan lebih dari dua persen. Sementara itu tidak ada perbedaan nilai kolesterol baik (HDL) pada dua kelompok ini.

Bahan aktif yang berperan dalam menurunkan kolesterol diduga adalah katekin yang akan mengurangi penyerapan kolesterol di usus.

Meski memiliki manfaat penurunan kolesterol namun para ahli mengingatkan bahwa efek penurunannya sangat kecil. “Minum teh hijau tidak bisa dianjurkan untuk pasien yang sudah terlanjur memiliki kolesterol tingi,” kata Nathan Wong, peneliti.

Para ahli juga mengkhawatirkan adanya efek samping dari konsumsi teh hijau yang terlalu tinggi. Beberapa penelitian telah mengaitkan bahaya kerusakan liver. Teh hijau juga bisa berinteraksi dengan obat-obatan sehingga mengurangi efektivtiasnya.

Penurunan kolesterol tetap harus dilakukan dengan modifikasi gaya hidup dan meliputi berbagai sisi, seperti pola makan, olahraga, dan obat-obatan jika perlu. Akan tetapi teh hijau bisa dimasukkan ke dalam pola makan yang baik untuk jantung.

Teh baik diminum saat panas atau dingin manfaatnya tetap sama. Teh mengandung antioksidan yang bisa membuat pembuluh darah rileks, sehingga Anda bisa terhindar dari pembekuan darah.

Sebaiknya jangan minum teh yang dicampur gula atau susu, sebab dapat mengurangi manfaat dari teh itu sendiri. Teh yang dicampur dengan gula atau susu akan membuat manfaat dari zat-zat yang terkandung akan berkurang. Untuk itu sebaiknya minum teh tawar. Teh baik dikonsumsi dan banyak manfaatnya apabila dikonsumsi secara teratur dan tidak berlebihan.