Cara Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

By | March 12, 2016

Cuaca sekarang yang makin ekstrim membuat kita harus ekstra dalam merawat tubuh, khususnya kulit. Sinar ultraviolet yang tidak terlihat oleh kasat mata dan tidak bisa dirasakan kulit menjadi momok bagi kesehatan kulit kita.

Cara-Mengatasi-Kulit-Terbakar-Sinar-Matahari

Cara terbaik untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari yang berbahaya adalah dengan mengurangi kontak langsung dengan sinar tersebut. Dan, jika Anda ke luar dari rumah, Anda harus memakai pakaian pelindung, topi bertepi lebar dan kacamata hitam. Atau Anda bisa menggunakan tips dengan Teh Peluntur Lemak.

New TPL (Teh Peluntur Lemak) sangat membantu Anda dalam melindungi kulit dari paparan sinar matahari selain menghilangkan bau tak sedap. Caranya adalah seduh 1 sachet TPL lalu biarkan hingga dingin. Setelah dingin saring air teh dengan menggunakan kain yang lembut kemudian gunakan kain tersebut untuk mengompress bagian kulit yang akan terkena sinar matahari (misalkan tangan) dan diamkan hingga mengering.

Sebaiknya cara ini Anda lakukan 30 menit sebelum Anda beraktivitas diluar rumah tanpa dibilas. Adapun cara lain, bisa perhatikan beberapa poin sederhana yang perlu Anda ingat ketika keluar rumah.

1. Cara terbaik yang dapat Anda lakukan untuk melindungi kulit adalah dengan menghindari paparan sinar matahari pada jam tertentu, yakni pukul 10:30-15:30.

2. Kenakan pakaian longgar yang menutupi kulit. Periksa jenis pakaian yang Anda pakai. Kain dengan tenunan yang erat dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari yang keras.

3. Lindungi mata Anda. Pakailah kacamata hitam yang dapat membungkus daerah di sekitar sisi wajah sehingga sinar ultraviolet tidak dapat mencapai mata Anda.

4. Gunakan tabir surya. Gunakan tabir surya dengan SPF 30. Oleskan kembali setiap dua jam sekali.

5. Selalu oleskan tabir surya sebelum melangkah keluar rumah. Siapkan campuran yogurt dan air lemon, lalu oleskan setiap hari pada kulit sebelum mandi.

6. Menggosok kulit dengan kentang yang sudah dikupas, tepatnya di atas daerah yang gosong karena paparan sinar matahari berlebih.

7. Pepaya merupakan bahan pencerah kulit alami. Haluskan pepaya dan gunakan untuk menggosok bagian kulit yang kecokelatan.

Inilah tujuh cara yang efektif untuk melawan kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari yang berlebihan. Cara ini juga bisa melindungi Anda dari kerusakan kulit akibat radikal bebas.